30 Nasihat penting menghadapi kekecewaan dan kepahitan - Ikape kalgir
HEADLINE POSTING IKAPE :
Home » , , » 30 Nasihat penting menghadapi kekecewaan dan kepahitan

30 Nasihat penting menghadapi kekecewaan dan kepahitan

Written By risman nasrullah on Jumat, 15 Februari 2013 | 06.39


Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh..





     Sebagai mahluk yang lemah, manusia sering kesulitan realita kepahitan hidup. sabar sering hanya mudah dinyatakan oleh lisan dan ucapan, tapi sulit ia amalkan dalam perbuatan.
manusia ditandai oleh berbagai sifat kelemahan seperti: 'AJULA ( tergesa-gesa ), HALU'A (selalu mengeluh ), MANU'A ( mudah menolak ) dan lain-lain.
     Oleh karenanya manusia perlu mendapatkan petunjuk dan bimbingan hidup, agar mereka mampu menghadapi berbagai tantangan dan goncangan hidup. Islam memberikan sejumlah petunjuk tentang langkah apa yang musti dan baik dilakukan oleh seorang muslim dalam menghadapi kesulitan hidup tersebut.
    Diantara sekian langkah yang dapat membantu seorang muslim untuk hidup tenang dan sekaligus mampu tabah dalam menghadapi berbagai kepahitan dan kesulitan hidup adalah pesan-pesan islam yang tercantum dalam Al-qur'an dan As-Sunnah.
    Beberapa nasehat dibawah ini merupakan mutiara-mutiara ajaran yang disarikan dari pesan-pesan Islam bagi Orang-orang yang beriman agar mereka berjiwa besar dan mampu tahan bantingan.

  1. Tataplah hari esok dengan penuh rasa Optimisme dan penuh harapan. jangan hamburkan waktu untuk meratapi kepahitan dimasa silam. menyesal atas suatu kegagalan dimasa silam, berati kegagalan terus-terusan. mengambil pelajaran dari masa silam untuk dijadikan bekal dimasa yang akan datang adlah sebagian dari kemenangan dan kesuksesan.
  2. Jangan merasa behwa deriata hanya menimpa kepada diri kita semata. sebab setiap Insan pasti dapat bagian meski dalam bentuk dan corak yang beraneka ragam.
  3. Masa depan seseorang banyak ditentukan oleh kempuan dirinya dalam mengtasi berbagai kesulitan dimasa sekarang. banyak orang-orang yang siap dan tahan bantingan di masa silam ia ternyata pantas untuk meraih kemenangan sekarang.
  4. Semakin tinggi kedudukan jan jabatan seseorang atau sebakin banyak harta kekayaan seseorang maka akan semakin besar pula badai dan topan kehidupan yang menghadang.
  5. Mereka yang berbahagia adalah mereka yang hari esoknya lebih indah dan lebih cerah
     dari masa yang sekarang. hendaklah menjadi keyakinan, bahawa apa yang akan kita panen di masa yang akan datang adalah tergantung dari apa yang kita tanam sekarang.
  6. Jangan menginginkan sesuatu di luar batas kemampuan kita sendiri. orang yang terlampau banyak keinginan diluar kemampuan dirinya adalah mereka yang sengaja memperbanyak beban diri dan menyulitkan diri sendiri.
  7. Jangan iri atas kemajuan dan kesuksesan orang lain, kecuali dalam 3 hal :  Pertama dalam kegiatan mencari ilmu, Kedua adalan bersidqah atau Infaq dan Ketiga Melalsanaka amal kebajikan.
  8. Jangan takut miskin karena harta diambil orang, sebab Allah Maha Adil dan Maha Sayang.  kalau tidak diganti di dunia sekarang, pasti ada perhitungan di Akhirat yang akan datang.
  9. Barang siapa yang melakukan kedzaliman maka ia akan memperoleh balasan sebelum kematian datang menghadang. barang siapa yang kerjanya memfitnah orang maka sebelum mati akan memperoleh fitnah yang sama. barang siapa yang membuka 'aib seseorang maka sebelum mati 'aibnya akan dibuka oleh Allah AWT. Makanya kalau tak mau dicubit orang, jangan mencubit orang lain.
  10. Allah AWT akan selalu menjadi penolong seseorang sepanjang orang itu sering menolong orang lain. Barang siapa yang meringankan kesulitan orang lain , maka Allah akan meringankan kesulitan yang dihadapinya.
  11. Tolonglah orang lain, Maka Allah akan menolong kita. sayangi orang lain, maka Allah akan menyayangi kita. Maafkan dosa orang lain, maka Alloh akan mengampuni dosa kita.
  12. Apa artinya suatu yang kita miliki kalau memang kita tudak bisa menikmatinya. tidak sedikit orang yang memiliki sesuatu tapi dia tidak bisa menikmatinya. Lebih baik kita menikmati sesuatu dengan cara yang halal, walaupun kita tidak memilikinya. daripada kita memiliki sesuatu tapi tidak dapat menikmatinya.
  13. Jangan gusar karena Usilan orang, sebab orang yang usil adalah orang yang kurang pekerjaan. dan gusar karena ulah orang lain yang kurang pekerjaan, berarti dengan tidak sadar kita memperoleh pekerjaan yang tidak berpenghasilan.
  14. Buruk sangka itu derita dan dosa. orang yang sering buruk sangka sering menderita karena sesuatu yang sebenarnya tidak ada. lebih baik salah menyangka baik daripada salah menyangka jelek.
  15. Puji itu semuanya milik Allah. orang yang selalu ingin dipuji berarti merampas hak Alloh. banyak orang yang tidak tentram dan tidak tenang karena terlampau mengharap pujian orang yang ternyata tak kunjung datang.
  16. Manusia lahir dengan tidak membawa kekayan dan wafat dengan tidak pula membawa kekayaan. oleh karenanya, harta yang hilang jangan menyebabkan kenikmatan hidup juga menjadi hilang.
  17. Lupa itu dapat merugikan dan dapat membahayakan. mudah lupa termasuk penyakit yang tidak menyenangkan. tetapi mudah melupakan penderitaan dan kekecewaan adalah anugrah tuhan yang sangat membahagiakan.
  18. Kalau kita jujur mengadakan introspeksi diri, maka kita akan senyum menertawakan diri kita sendiri. sebab ternyata kesedihan dan keresahan banyak disebabkan oleh ulah kita sendiri.
  19. Kalau kita bertanya tentang persoalan apa yang menyebabkan kita resah dan gelisah, maka jawabannya pasti urusan dunia yang fana ini. (kekayaan, jabatan, wewenang dan lain-lain) tidak ada manusia yang resah karena memikirkan Akhirat kelak.
  20. Kalau hidup ingin tenang janganlan coba punya lawan, sebab permusuhan sangat banyak menyita  perasaanTidak sempurna iman seseorang, kalau bertengkar lebih dari tiga hari tiga malam.Tidak sempurna iman seorang Istri/suami kalu bertengkar sampai dimalamkan.Barang siapa yang paling pertama memaafkan atau meminta maaf, maka dialah pahlawan besar.
  21. Kalau ingin hidup tenang, berlatihlah untuk senatiasa berjiwa besar. hubungkan persaudaraan dengan setiap orang, termasuk yang bermaksud memutuskannya. maafkan setiap orang yang termasuk orang yang berdosa kepada kita. Tolonglah orang lain walaupun orang itu tidak mau menolong kita.
  22. Janganlah seseorang terlampau takut melakukan kesalahan. sebab kesalahan adalah merupakan bagian dari kehidupan insan.
  23. Allah tidak memberikan suatu beban kepada hamba-Nya dengan beban yang mereka sendiri tidak kuat memikulnya. Lakukanlah segala titah dan Perintah-Nya sesuai dengan kemampuan yang di Anugrahkan-Nya. ketidakmampuan bukan sebuah kesalahan, sepanjang kita telah berusaha dengan penuh kesungguhan.
  24. Allah itu Maha Kasih dan Maha Dayang, Allah Maha Adil dan Maha Penerima Taubat. Allah tidak pernah dan tidak akan pernah berlaku Dzalim, Allah juga bukan pendendam. Allah sangat senang kepada Hamba-hamba-Nya yang tidak pernah putus asa dalam memperoleh Rahmat dan Inayah-Nya. Allah senang kepada mereka yang punya harapan untuk hidup lebih baik di masa yang akan datang.
  25. Harta kekayaan yang pasti menjadi milik kita adalah harta yang sempat kita berikan dengan penuh keikhlasan untuk kepentingan agama dan kemanusiaan. harta itulah yang sebenarnya akan memberikan manfaat setelah datang peristiwa kematian. harta yang hilang karena dirampas orang atau hilang karena musibah yang tidak bisa terelakkan , adalah termasuk sidqah atau kifrat atas dosa dan kesalahan seseorang. sepanjang yang bersangkutan daat sabar dan pasrah kehadirat-Nya. lakukanlah sesuatu perbuatan dengan penuh keikhkasan, kesunggguhan dan tanggung jawab, kemudian berserah dirilah kepada Allah SWT. Tidak melakukan perbuatan dengan penuh kesungguhan merupakan suatu kesalahan.
  26. Sedih karena ditinggal wafat oleh seseorang yang dicintai adalah normal, sebagai tanda orang yang punya perasaan. tetapi membiarkan kesihan terus-menerus adalah sikap yang tidak wajar dan dapat menghancurkan sifat kenormalan perasaan.
  27. Silahkan anda mencintai Suami/Istri, Ayah, Ibu, Putra/Putri anda. tapi anada harus siap-siap untuk berpisah dengan mereka. Apakah anda yang lebih dulu meninggalkan mereka atau mereka yang meninggalkan anda..? Konsekuensi kehidupan adalah kematian.
  28. Kalau hari ini anda mengantarkan jenajah ke kuburan,  maka kita harus siap-siap bahwa besok atau lusa kitalah yang akan diantarkan ke kuburan oleh teman-teman yang lain.
  29. Jangan takut mati karena mati pasti akan terjadi, kemenapun kita akan lari. tapi takutlah akan hidup setelah mati. sebab begitu kita mati, maka sebenarnya kita hidup di alam lain, untuk mempertanggungjawabkan segala apa yang kita lakukan.
  30. Selain harus berani mati, seorang muslim juga harus berani hidup. minta mati atau berbuat sesuatu yang menyebabkan mati adalah dilarang. bunuh diri adalah perbuatan yang tidak terpuji. orang yang bunuh diri bukanlah pemberani tapi penakut, bukan orang yang bertanggungjawab tapi orang yang ingin lepas daari tanggungjawab.
                                          Wallohu'alam bisshawab..!!!



Silahkan Tinggalkan jejak atau komentarnya Disini, Diantos baraya..!!
Bantu share yaa Baraya..!! :

LAPAK ONLINE IKAPE

RELATED SITE

Say Hi.. disini

VISITORS

U-ON Flag Counter

IKape KALGIR On fage

 
Terima Kasih untuk semua Sponsor, Semoga Alloh senantiasa melimpahkan rezeki untuk kita semua... Amiin___________________________ Untuk Info tentang sponsor ikape, silahkan dilihat produk-produk dibawah ini.. Hatur nuhun..!!!
Support : Creating Website | KANG SABO TIRAW KASEP | Mas Template
Proudly powered by Blogger
HAK CIPTA © 2011. Ikape kalgir - IKATAN PEMUDA-PEMUDI KALIEUNG GIRANG ©
Original Design by Creating Website Modified by KANG SABO TIRAW KASEP©